Bismillahirrahmanirrahim | Berkata Abdullah ibnu Abbas radhiallahu 'anhu: "Tidaklah datang kepada manusia suatu tahun yang baru melainkan mereka pasti akan membuat bid'ah baru dan mematikan sunnah sehingga hiduplah bid'ah dan matilah sunnah." Diriwayatkan oleh Ibnu Wadhdhah di dalam kitab Al Bida' wan Nahyu 'anha | Berkata Sufyan Ats Tsauri rahimahullahu ta'ala: "Bid'ah lebih disukai Iblis daripada maksiat karena maksiat akan ditaubati sedangkan bid'ah tidak akan ditaubati." Diriwayatkan oleh Al Baghawi di dalam kitab Syarhus Sunnah (1/216) | Berkata Sufyan bin Uyainah rahimahullahu ta'ala: "Barangsiapa yang rusak dari kalangan ulama kita maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan ulama Yahudi dan barangsiapa yang rusak dari kalangan ahli ibadah kita maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan ahli ibadah Nasrani." |

Tiga Kunci Sukses Ibadah

بسم الله الرحمن الرحيم

Berkata Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Bassam rahimahullah -salah seorang ulama besar di Saudi Arabia- di dalam kitabnya yang masyhur Taudhihul Ahkam Syarhu Bulughil Maram (1/201):

Sepatutnya bagi seseorang yang berwudhuk dan bagi setiap orang yang melakukan suatu ibadah ketika hendak melakukannya untuk memperhatikan tiga hal berikut:

1. Ketaatan kepada Allah. Dia melakukan ibadah tersebut adalah sebagai bentuk ketaatan kepada Allah agar timbul di dalam hatinya rasa pengagungan terhadap ibadah tersebut.

2. Pendekatan diri kepada Allah. Dia melakukan ibadah itu dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah agar dia bisa mencapai derajat muraqabah (merasa diri diawasi oleh Allah) sehingga ibadahnya menjadi baik.

3. Meneladani Nabi صلى الله عليه وسلم . Dia melakukan ibadah tersebut sesuai dengan tuntunan dan tuntutan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad صلى لله عليه وسلم agar terwujud hakikat meneladani beliau صلى الله عليه وسلم .

Perhatian: Perkataan beliau di atas telah mengalami perubahan redaksi seperlunya tanpa mengubah makna aslinya sedikitpun.

والحمد لله رب العالمين

Jumlah tampilan:



Anda memiliki tugas menerjemahkan artikel berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya? Kunjungi TransRisalah : Jasa Pengetikan dan Terjemah Bahasa Arab-Indonesia !