Bismillahirrahmanirrahim | Berkata Abdullah ibnu Abbas radhiallahu 'anhu: "Tidaklah datang kepada manusia suatu tahun yang baru melainkan mereka pasti akan membuat bid'ah baru dan mematikan sunnah sehingga hiduplah bid'ah dan matilah sunnah." Diriwayatkan oleh Ibnu Wadhdhah di dalam kitab Al Bida' wan Nahyu 'anha | Berkata Sufyan Ats Tsauri rahimahullahu ta'ala: "Bid'ah lebih disukai Iblis daripada maksiat karena maksiat akan ditaubati sedangkan bid'ah tidak akan ditaubati." Diriwayatkan oleh Al Baghawi di dalam kitab Syarhus Sunnah (1/216) | Berkata Sufyan bin Uyainah rahimahullahu ta'ala: "Barangsiapa yang rusak dari kalangan ulama kita maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan ulama Yahudi dan barangsiapa yang rusak dari kalangan ahli ibadah kita maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan ahli ibadah Nasrani." |

Rabu, 26 September 2012

Cara Menjawab Salam ketika Sedang Shalat

بسم الله الرحمن الرحيم

Pertanyaan:

Saya menemukan hadits ini, bagaimana dengan kesahihan hadis tersebut, mohon penjelasannya. Dari Ibnu Umar radhiallahu 'anhu, dia berkata: Aku bertanya pada Bilal: Bagaimana engkau melihat cara Rasulullah صلى الله عليه وسلم menjawab salam mereka ketika beliau sedang sholat? Bilal menjawab: Begini. Dia membuka telapak tangannya. Dikeluarkan oleh Abu Daud dan At Tirmidzi. Hadits shahih menurut At Tirmidzi.

Jawaban:

Hadits yang anda maksudkan berbunyi sebagai berikut:

 عن نافع، قال: سمعت عبد الله بن عمر يقول: خرج رسول الله صلى الله عليه وسلم إلى قباء يصلي فيه، قال: فجاءته الأنصار فسلموا عليه وهو يصلي، قال: فقلت لبلال: كيف رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يرد عليهم حين كانوا يسلمون عليه وهو يصلي؟ قال: يقول هكذا وبسط ، وبسط جعفر بن عون كفه، وجعل بطنه أسفل وجعل ظهره إلى فوق

Dari Nafi’, berkata Abdullah bin Umar: Rasulullah صلى الله عليه وسلم pergi ke mesjid Quba untuk shalat di sana. Lalu datanglah suku Anshar dan mengucapkan salam kepada beliau ketika beliau sedang shalat. Ibnu Umar berkata: Saya bertanya kepada Bilal: “Bagaimana engkau melihat Rasulullah صلى الله عليه وسلم menjawab ketika mereka mengucapkan salam kepada beliau ketika beliau sedang shalat?” Bilal menjawab: “Begini.” Dia membuka telapak tangannya.

Ja’far bin Aun (salah seorang perawi hadits ini) membuka telapak tangannya dan menjadikan perut telapak tangan mengarah ke bawah dan punggung telapak tangan mengarah ke atas.

Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Daud (927) dan At Tirmidzi (368). Berkata At Tirmidzi: “Hadits ini hasan shahih.” Hadits ini juga dishahihkan oleh Syaikh Al Albani rahimahullah ta’ala.

وبالله التوفيق

Jumlah tampilan:



Anda memiliki tugas menerjemahkan artikel berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya? Kunjungi TransRisalah : Jasa Pengetikan dan Terjemah Bahasa Arab-Indonesia !