Bismillahirrahmanirrahim | Berkata Abdullah ibnu Abbas radhiallahu 'anhu: "Tidaklah datang kepada manusia suatu tahun yang baru melainkan mereka pasti akan membuat bid'ah baru dan mematikan sunnah sehingga hiduplah bid'ah dan matilah sunnah." Diriwayatkan oleh Ibnu Wadhdhah di dalam kitab Al Bida' wan Nahyu 'anha | Berkata Sufyan Ats Tsauri rahimahullahu ta'ala: "Bid'ah lebih disukai Iblis daripada maksiat karena maksiat akan ditaubati sedangkan bid'ah tidak akan ditaubati." Diriwayatkan oleh Al Baghawi di dalam kitab Syarhus Sunnah (1/216) | Berkata Sufyan bin Uyainah rahimahullahu ta'ala: "Barangsiapa yang rusak dari kalangan ulama kita maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan ulama Yahudi dan barangsiapa yang rusak dari kalangan ahli ibadah kita maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan ahli ibadah Nasrani." |

Rabu, 15 Mei 2013

Dalil tentang Turunnya Nabi Isa ‘alaihis salam Kembali ke Bumi

بسم الله الرحمن الرحيم

Pertanyaan:

Tolong disebutkan dalil yang menunjukkan atas kebenaran bahwa Nabi Isa ‘alaihis salam kelak akan turun kembali ke bumi.

Jawaban:

Di dalam sebuah hadits yang cukup panjang yang diriwayatkan oleh Imam Muslim (nomor 2937) disebutkan kisah turunnya Nabi Isa ‘alaihish shalatu was salam. Di antara kisahnya adalah:

فبينما هو كذلك إذ بعث الله المسيح ابن مريم فينزل عند المنارة البيضاء شرقي دمشق بين مهرودتين واضعا كفيه على أجنحة ملكين إذا طأطأ رأسه قطر وإذا رفعه تحدر منه جمان كاللؤلؤ فلا يحل لكافر يجد ريح نفسه إلا مات ونفسه ينتهي حيث ينتهي طرفه فيطلبه حتى يدركه بباب لد فيقتله

“Ketika dia (Dajjal) dalam keadaan demikian, lantas Allah menurunkan Al Masih Ibnu Maryam. Dia akan turun di menara putih di bagian timur kota Damaskus mengenakan pakaian berwarna kuning kunyit dan meletakkan kedua telapak tangannya pada sayap kedua malaikat (yang membawanya turun). Jika dia menundukkan kepalanya maka air akan menetes dari kepalanya, dan jika dia menengadahkannya maka akan jatuh dari kepalanya butiran-butiran laksana mutiara. Tidaklah ada seorang kafir yang mencium aroma nafasnya melainkan pasti akan mati; dan aroma nafasnya tersebar sejauh pandangan matanya. Nabi Isa akan memburu Dajjal sampai beliau menemukannya di daerah Babu Ludd, lalu beliau membunuhnya.”

Nabi Isa 'alaihis salam kelak akan turun kembali ke dunia pada masa keluarnya Dajjal yang akan membuat kerusakan di muka bumi ini. Beliau 'alaihis salam akan turun di dekat sebuah menara putih di bagian timur kota Damaskus. Beliau akan turun untuk memburu Dajjal dan berhasil membunuhnya di daerah Babu Ludd. Setelah itu, beberapa waktu kemudian Nabi Isa dan kaum muslimin akan mengungsi ke pegunungan untuk menghindari serangan dari bangsa Ya`juj dan Ma`juj yang berhasil keluar dari benteng kurungan yang dibangun oleh Raja Dzulqarnain ribuan tahun yang lalu. Silakan membaca kisah lengkapnya di hadits An Nawwas bin Sam'an radhiallahu 'anhu yang diriwayatkan oleh Imam Muslim di kitab Shahihnya dengan nomor 2937.

CATATAN:

1. Ada yang mengatakan bahwa menara putih yang dimaksud itu adalah menara Mesjid Umayyah di kota Damaskus yang telah dihancurkan oleh pasukan pemerintah Suriah baru-baru ini. Jika memang benar demikian, bisa jadi kelak menara itu akan dibangun kembali oleh kaum muslimin. Wallahu a'lam.

2. Daerah Babu Ludd terletak di kawasan negeri Palestina.

Di dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

يوشك المسيح عيسى بن مريم أن ينزل حكما قسطا وإماما عدلا فيقتل الخنزير ويكسر الصليب وتكون الدعوة واحدة فأقرئوه أو أقرئه السلام من رسول الله صلى الله عليه و سلم وأحدثه فيصدقني فلما حضرته الوفاة قال أقرئوه مني السلام

“Hampir dekat masanya Al Masih Isa bin Maryam akan turun dengan membawa hukum dan keadilan, serta menjadi pemimpin yang adil. Dia akan membunuh babi dan mematahkan salib sehingga dakwah hanya akan menjadi satu. Sampaikanlah kepadanya salam dari Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan ceritakanlah (hadits) kepadanya, niscaya dia akan membenarkanku.” Ketika Rasulullah hampir meninggal, beliau kembali berkata: "Sampaikan salamku kepadanya." [HR Ahmad (9110). Hadits hasan]

Demikianlah beberapa dalil yang menunjukkan akan turunnya Nabi Allah Isa ‘alaihish shalatu was salam ke bumi di akhir masa kelak. Ini juga merupakan bantahan atas kaum Nasrani yang meyakini bahwa Nabi Isa telah mati terbunuh di palang salib.

وبالله التوفيق

Jumlah tampilan:



Anda memiliki tugas menerjemahkan artikel berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya? Kunjungi TransRisalah : Jasa Pengetikan dan Terjemah Bahasa Arab-Indonesia !