Bismillahirrahmanirrahim | Berkata Abdullah ibnu Abbas radhiallahu 'anhu: "Tidaklah datang kepada manusia suatu tahun yang baru melainkan mereka pasti akan membuat bid'ah baru dan mematikan sunnah sehingga hiduplah bid'ah dan matilah sunnah." Diriwayatkan oleh Ibnu Wadhdhah di dalam kitab Al Bida' wan Nahyu 'anha | Berkata Sufyan Ats Tsauri rahimahullahu ta'ala: "Bid'ah lebih disukai Iblis daripada maksiat karena maksiat akan ditaubati sedangkan bid'ah tidak akan ditaubati." Diriwayatkan oleh Al Baghawi di dalam kitab Syarhus Sunnah (1/216) | Berkata Sufyan bin Uyainah rahimahullahu ta'ala: "Barangsiapa yang rusak dari kalangan ulama kita maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan ulama Yahudi dan barangsiapa yang rusak dari kalangan ahli ibadah kita maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan ahli ibadah Nasrani." |

Senin, 20 Februari 2012

Jumlah Ayat Al Quran

بسم الله الرحمن الرحيم

Pertanyaan:

Ada ulama yang mengatakan bahwa jumlah ayat di dalam Al Quran adalah 6666 ayat. Ketika saya menghitung ulang jumlah ayat yang ada di dalam mushaf ternyata jumlah ayatnya tidak demikian. Bagaimanakah penjelasan tentang hal ini?

Jawaban:

Para ulama Quran bersepakat bahwa jumlah ayat Al Quran mencapai angka 6000 ayat. Namun mereka berselisih tentang jumlah ayat dalam Al Quran secara pastinya. Ada yang mengatakan jumlahnya 6204, ada yang mengatakan 6214, adapula yang mengatakan 6219, ada yang 6225, 6236, dll. Adapun yang mengatakan bahwa jumlah ayatnya sebanyak 6666 adalah Abdullah Ibnu Abbas radhiallahu 'anhu.

Penyebab perbedaan ini -wallahu a'lam- mungkin disebabkan karena pada masa dahulu Al Qur`an itu belum memiliki tanda-tanda waqaf, batas ayat, dan batas juz sehingga para ulama berijtihad dalam menentukan batas-batas ayat. Perbedaan ijtihad ulama dalam menentukan batas ayat inilah yang menimbulkan perbedaan jumlah ayat Al Qur`an. Wallahu a'lam.

وبالله التوفيق

Jumlah tampilan:



Anda memiliki tugas menerjemahkan artikel berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya? Kunjungi TransRisalah : Jasa Pengetikan dan Terjemah Bahasa Arab-Indonesia !