Bismillahirrahmanirrahim | Berkata Abdullah ibnu Abbas radhiallahu 'anhu: "Tidaklah datang kepada manusia suatu tahun yang baru melainkan mereka pasti akan membuat bid'ah baru dan mematikan sunnah sehingga hiduplah bid'ah dan matilah sunnah." Diriwayatkan oleh Ibnu Wadhdhah di dalam kitab Al Bida' wan Nahyu 'anha | Berkata Sufyan Ats Tsauri rahimahullahu ta'ala: "Bid'ah lebih disukai Iblis daripada maksiat karena maksiat akan ditaubati sedangkan bid'ah tidak akan ditaubati." Diriwayatkan oleh Al Baghawi di dalam kitab Syarhus Sunnah (1/216) | Berkata Sufyan bin Uyainah rahimahullahu ta'ala: "Barangsiapa yang rusak dari kalangan ulama kita maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan ulama Yahudi dan barangsiapa yang rusak dari kalangan ahli ibadah kita maka pada dirinya terdapat kemiripan dengan ahli ibadah Nasrani." |

Sabtu, 02 Juni 2012

Hukum Memberi Isyarat Salam dengan Tangan

بسم الله الرحمن الرحيم

Kebanyakan dari kita -termasuk penulis- seringkali ketika hendak menegur dan mengucapkan salam kepada seorang muslim yang berada agak jauh dari kita melakukannya dengan cara mengangkat telapak tangan tanpa mengucapkan lafazh salam.

Ternyata hal ini dilarang di dalam Islam karena ia merupakan salah satu bentuk penyerupaan (tasyabbuh) dengan orang kafir dari kalangan Yahudi dan Nasrani.

Dalilnya adalah hadits Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda:

ليس منا من تشبه بغيرنا، لا تشبهوا باليهود ولا بالنصارى فإن تسليم اليهود الإشارة بالأصابع وتسليم النصارى الإشارة بالأكف

“Bukanlah termasuk ke dalam golongan kami orang yang meniru-niru golongan selain kami (Islam). Janganlah kalian menyerupai golongan Yahudi dan Nasrani. Sesungguhnya salamnya golongan Yahudi adalah isyarat dengan jari-jari dan salamnya golongan Nasrani adalah dengan telapak tangan.” [HR At Tirmidzi (2695). Hadits hasan lighairihi.]

وبالله التوفيق

Jumlah tampilan:



Anda memiliki tugas menerjemahkan artikel berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya? Kunjungi TransRisalah : Jasa Pengetikan dan Terjemah Bahasa Arab-Indonesia !